Fakta Menarik dari Minyak dan Gas di Indonesia

Fakta Menarik dari Minyak dan Gas di Indonesia Dari saat kita masih kecil sampai dengan dewasa, umumnya kita semua sudah biasa mendengar tentang negara Indonesia sebagai negara yang kaya dengan sumber daya alam. Termasuk dengan kekayaan dari minyak beserta gas bumi. Tanpa disadari, pemikiran tentang hal ini selanjutnya terus saja terbawa hingga pada saat ini. Namun, benarkah seperti itu? Anda bisa menyimak selebihnya dalam beberapa fakta berikut ini! Fakta pertama, adalah bahwa ternyata sebenarnya Indonesia saat ini tidak sekaya dulu. Karena kenyataan telah membuktikan bahwa Indonesia sekarang ini kekurangan minyak dan gas. Bahkan, ternyata Indonesia sendiri telah menjadi net minyak imported dari 2004 yang lalu. Itu artinya, dari tahun itulah, maka impor minyak di Indonesia itu berasal dari negara yang lain. Dimana mereka lebih banyak impor minyak, dibandingkan ekspor minyak dari Indonesia ke negara yang lainnya. Sekarang ini, ternyata Indonesia hanya dapat memproduksi sebanyak 800 ribu barel minyak saja untuk setiap hari. Sedangkan, konsumsi minyak di Indonesia saat ini telah mencapai 1,6 jutaan barel minyak untuk setiap hari. Tentu saja hal ini membuat kesenjangannya menjadi makin besar sekali.

Di sisi lain, dari gas sendiri sekarang ini pasokan gas di Indonesia masih cukup untuk memenuhi kebutuhan di pasar dosmetik. Namun, lapangan gas itu biasanya berada jauh dari pusat perindustrian yang kerap memakai kebutuhan gas. Namun sayangnya, insfrastruktur terhadap penerima gas saat ini belum begitu banyak dimiliki di Indonesia. Akibatnya, tak semua gas dapat terserap dengan baik. Satu lagi yang penting dari sini, bahwa pertumbuhan terhadap konsumsi gas di dalam negeri saat ini terus meningkat pesat. Dimana rata-rata terhadap pertumbuhan dan peningkatan dari konsumsi gas itu bisa mencapai 9% setiap tahunnya. Bila penambahan terhadap cadangan gas tidak lebih cepat lagi dari proses pertumbuhan konsumsinya, otomatis hal ini bisa membuatĀ  Indonesia bisa menjadi mengimport gas juga. Fakta ketiga adalah, dilihat dari cadangannya sendiri telah dibuktikan bahwa saat ini Indonesia jauh sekali dari negara yang lain. Berdasarkan daya yang telah didapatkan dari Dirjen Migas, menyatakan bahwa cadangan di Indonesia itu per Januari 2016 Cuma sebesar 3,3 Miliar barel saja untuk cadangan minyak. Sedangkan, untuk gas hanya sebesar 101,2 T kaki kubik saja.

Fakta Menarik dari Minyak dan Gas Indonesia

Jadi, dari data BP Statistical Review yang dilakukan di tahun 2016 yang lalu dinyatakan bahwa cadangan minyak yang ada di Indonesia itu Cuma sebesar 0,2 % saja dari jumlah cadangan yang ada di seluruh dunia. Sementara untuk cadangan gas hanya sebesar 1,5% saja dari cadangan gas yang ada di dunia. Fakta ke-empat, adalah adanya kesenjangan terhadap konsumsi dengan proses produksi yang makin melebar lagi. Tanpa ada penambahan terhadap cadangan yang baru, hal ini bisa membuat kesenjangan di antara proses produksi migas dan konsumsi gas yang dihasilkan menjadi makin melebar lagi. Berdasarkan estimasi dariĀ http://agenbola108.net atau Dewan Energi Nasional, menyatakan bahwa konsumsi minyak saat ini menjadi 3,63 Juta barel atau sebanding dengan minyak per harinya di tahun 2025 mendatang. Sedangkan, untuk kebutuhan minyak sebanyak 8,49 juta barel itu sebanding dengan minyak per harinya di tahun 2050 mendatang. Untuk data dari SKK Migas, terlihat bahwa trend lifting migas mulai menurun. Bahkan, turun sebanyak 2,34 juta barel atau sebanding dengan minyak per hari di th 2010 hingga 1,96 juta barel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *